Indonesia memiliki beragam minuman tradisional yang segar dan lezat. Dari minuman yang terbuat dari buah-buahan tropis hingga minuman yang menggunakan rempah-rempah khas, setiap daerah di Indonesia memiliki minuman tradisional yang unik. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 resep minuman tradisional Indonesia yang menyegarkan. Mari kita jelajahi kelezatan minuman tradisional Indonesia bersama-sama!

1. Es Cendol

Es cendol adalah minuman tradisional yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula merah cair, dan es serut. Minuman ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang menyegarkan. Nikmati sensasi segarnya dalam sepiring es cendol yang dingin.

2. Wedang Jahe

Wedang jahe adalah minuman tradisional Indonesia yang menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Minuman ini memiliki rasa hangat dan khasiat yang baik untuk kesehatan, terutama untuk menghangatkan tubuh pada cuaca yang dingin atau ketika Anda sedang flu.

3. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda adalah minuman yang terbuat dari air kelapa muda segar yang dicampur dengan es. Minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh Anda saat cuaca sedang panas.

4. Bajigur

Bajigur adalah minuman tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari campuran gula aren, kelapa parut, jahe, daun pandan, dan bubuk kopi. Minuman ini memiliki rasa manis dengan sentuhan rempah yang hangat.

5. Es Campur

Es campur adalah minuman tradisional yang berisi potongan buah-buahan segar, kolang-kaling, agar-agar, santan, dan sirup. Minuman ini memiliki rasa manis dan segar yang cocok untuk dinikmati di siang hari yang panas.

6. Soto Madura

Soto Madura adalah minuman tradisional yang terbuat dari rebusan tulang sapi, rempah-rempah, dan bumbu-bumbu khas. Minuman ini memiliki rasa gurih dan hangat, cocok untuk menghangatkan tubuh Anda saat cuaca sedang dingin.

7. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari campuran rempah seperti daun pandan, serai, dan kayu manis. Minuman ini memiliki aroma yang khas dan rasanya sangat menghangatkan tubuh.

8. Es Dawet Ayu

Es dawet ayu adalah minuman tradisional dari Jawa Timur yang terbuat dari campuran tepung beras, air daun pandan, santan, dan gula merah cair. Minuman ini memiliki tekstur kenyal dari dawet dan rasa manis yang lezat.

9. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional Sunda yang terbuat dari campuran jahe, gula merah, daun pandan, dan rempah-rempah lainnya. Minuman ini memiliki rasa hangat dan pedas yang cocok untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

10. Es Seger

Es seger adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran buah-buahan segar, seperti jeruk, semangka, nanas, dan melon. Minuman ini sangat menyegarkan dan cocok untuk dinikmati di cuaca panas.

Demikianlah 10 resep minuman tradisional Indonesia yang menyegarkan. Coba buat sendiri di rumah dan nikmati kelezatan tradisi dari Indonesia. Selamat mencoba!

Share: